Home / Berita / Damkar Bone Gelar Sosialisasi Simulasi Pencegahan dan Pemadaman Api

Damkar Bone Gelar Sosialisasi Simulasi Pencegahan dan Pemadaman Api

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bone menggelar kegiatan antisipasi melalui sosialisasi pencegahan kebakaran. Kegiatan dilaksanakan di Kantor UPTD Puskesmas Watampone, Jumat 25 Agustus 2017.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone, Andi Syahrul Samsu,S.E.,M.Si. mengatakan Kebakaran merupakan bahaya yang dapat terjadi di mana saja, oleh karena itu perlu adanya upaya pencegahan. Pencegahan tersebut dapat dengan menggunakan berbagai cara seperti penyediaan APAR, fire alarm dan hydrant.

” Tujuan sosialisasi ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta mengantisipasi secara dini terhadap bahaya kebakaran sehingga tercipta lingkungan kerja yang selamat, bersih, nyaman , dan bebas dari sumber-sumber bahaya kebakaran, ” ujar Andi Syahrul Samsu.

Lanjut Andi Syahrul Samsu, ” Karena di tempat kerja banyak terdapat proses kerja serta komponen lain yang menimbulkan potensi bahaya baik yang berupa kondisi tidak aman maupun tindakan yang tidak aman.

Mengingat luas wilayah dan jumlah penduduk di Kabupaten Bone yang harus dilindungi belum berimbang dengan kapasitas sarana dan prasarana yang dimiliki. ” Hal ini tidak membuat kami di Pemadam Kebakaran kehilangan cara.” tandasnya

” Salah satu cara yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan prima dan cepat kepada masyarakat dengan membentuk UPT atau Posko di beberapa wilayah kecamatan,” ujarnya.

Lanjutnya, ” Insya Allah, Tahun depan kami merencanakan membangun Tempat Penampungan Air di sekitar kantor Damkar guna menyiapkan ketersediaan air ketika terjadi musibah kebakaran, sehingga Tim Kami tidak lagi menyedot air di sungai yang tentunya membutuhkan waktu lama,” tutup Andi Syahrul Samsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *