Home / Berita / Kadis Damkar Bone Mengimbau Masyarakat Agar Tetap Waspada

Kadis Damkar Bone Mengimbau Masyarakat Agar Tetap Waspada

Antisipasi bahaya kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone mengimbau masyarakat Bone agar selalu waspada sebelum meninggalkan rumah.

Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Bone Andi Syahrul Samsu menjelaskan, angka kebakaran termasuk tinggi di Kabupaten Bone. Penyebabnya selain korsleting listrik (arus pendek) yang paling menonnjol adalah kelalaian manusia.

Pernyataan itu disampaikan Kadis Damkar Bone Andi Syahrul Samsu usai menggelar Simulasi Pencegahan dan Pemadaman Api di Puskesmas Watampone, Jumat 25 Agustus 2017 lalu.

“Sebelum meninggalkan rumah warga diharapkan memeriksa kembali semua peralatan yang berpotensi menimbulkan percikan api, serta mencabut seluruh peralatan elektronik aliran yang tidak dipergunakan,” imbaunya.

“Tidak memandang musim, apakah kemarau atau penghujan yang jelas harus tetap waspada, apa lagi sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha, tentunya para ibu-ibu umumnya beraktivitas di dapur, kadang lupa bahaya yang mengintai, waspadalah … waspadalah … waspadalah … dan waspadalah” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar orang tua mengawasi putra-putri mereka untuk tidak bermain petasan dan kembang api, karena tidak hanya mengganggu kenyamanan lingkungan tetapi juga membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Pihak Damkar Bone mengimbau kepada seluruh perkantoran, Puskesmas, dan Sekolah-sekolah agar menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) di setiap rungan yang ada, ini demi kebaikan dan keselamatan kta semua.

Kadis Damkar Bone Andi Syahrul Samsu mengimbau ” Jika terjadi kebakaran lakukan pertolongan awal dan segera melaporkan kepada kami (Damkar Bone). Kami sudah memiliki Posko-posko dengan nomor yang bisa dihubungi disetiap wilayah.” ujarnya

Kami ini (petugas pemadam kebakaran) adalah manusia biasa tentu tidak luput dari keterbatasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ” Karena itu, kami mengharapkan kepada masayarakat agar melaporkan apabila benar-benar terjadi kebakaran, jangan main-main dengan laporan rekayasa, karena akhir-akhir ini sering kami menerima laporan yang sifatnya main-main” harapnya

“Jika laporan itu benar Insya Allah, kami dari Dinas Pemadam Kebakaran selalu siap memberi pertolongan meskipun nyawa taruhannya,” tutup Andi Syahrul Samsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *